Rabu, 17 Agustus 2011

Lupakan Yang Telah Lalu

Banyak orang dikuasai oleh masa lalu mereka.
Mereka dihantui oleh perasaan bersalah dan intimidasi di masa lalu.
Mereka dikuasai oleh trauma masa lalu.
Mereka dibelenggu oleh ketakutan masa lalu.
Mereka diikat oleh kekuatiran masa lalu.

Pikiran itu mengatakan;
Engkau tidak bisa
Engkau tidak mampu
Engkau tidak berharga
Engkau tidak berguna
Tidak ada yang mau denganmu

Hal-hal ini membuat kita tidak bisa bebas dan kita tidak bisa bahagia menjalani hari-hari kita setiap hari.
Hari-hari kita dipenuhi oleh keluhan demi keluhan.
Kita tidak bisa bergerak maju dan meraih mimpi dan masa depan kita.
Kita hidup dalam bayang-bayang masa lalu.
Kita dipenuhi amarah dan dendam masa lalu.

Lucy adalah seorang gadis berusia 10 tahun dan dalam tahun-tahun hidupnya sejak kecil, ia selalu menerima siksaan yang hebat secara fisik dari papanya yang sangat tempramental. Ia selalu dipukul untuk alasan sepele dan bahkan untuk alasan yang tidak pernah ia tahu di mana letak kesalahannya.

Suatu hari lucy berjalan menuju dapur rumahnya. Lucy berjalan melewati mama yang sedang duduk di lantai merapikan koran-koran yang berantakan. Mama memperhatikan lucy masuk ke dapur dan menghilang di balik pintu.

Mama kemudian berdiri dan mengikuti lucy. Mama melihat Lucy menyalakan kompor yang biasa mama pakai untuk memasak. Lucy tertawa saat memperhatikan api yang sedang menari-nari di depannya itu meliuk-liuk. Mama hanya terdiam dan memperhatikan apa yang akan dilakukan Lucy selanjutnya.

Setelah beberapa menit akhirnya Lucy mematikan kompor itu dan beranjak keluar dari dapur. Mama segera berlari dan menuju ke tempatnya duduk semula.

Saat mama melihat Lucy keluar dari dapur mama bertanya pada Lucy, "Lucy, kenapa kamu menyalakan kompor tadi di dapur dan tertawa sendiri?"

"Lucy lagi bayangin sedang bakar papa hidup-hidup, ma." jawabnya.

Dari mana Lucy bisa berpikir hingga sedemikian rupa? Lucy hanya seorang gadis kecil, tetapi bisa berpikir sesadis itu. Lucy mengalami trauma hebat akibat pukulan demi pukulan fisik yang dilancarkan papanya dengan penuh kebencian.

Mendengar kisah ini, membuat saya berpikir terus tentang bagaimana nasib Lucy selanjutnya.

Saya percaya Lucy akan bertumbuh menjadi anak yang penuh dengan kepahitan dan luka batin di tahun-tahun berikutnya, bila memori buruk ini tidak secepatnya diselesaikan. Dia akan menjadi seorang gadis dewasa yang dibakar oleh api dendamnya pada papa, bila trauma ini tidak diangkat.

Saya mulai mengerti mengapa ada orang yang akhirnya menjadi depresi dan frustrasi, bahkan ada yang menjadi gila, bunuh diri atau yang mengerikan adalah psikopat atau memiliki kepribadian ganda dengan mengenakan banyak topeng dan kebohongan demi kebohongan. Semuanya diakibatkan oleh trauma hebat di masa lalu.

Banyak orang akhirnya gagal dalam meraih masa depan dan cita-cita mereka oleh karena mereka terpenjara dalam masa lalu mereka.

Keputusan memilih untuk melangkah dengan hati yang baru, hidup yang baru dan pikiran baru bukanlah hal yang mudah. Tetapi saya percaya hal ini tidak mustahil. Kita bisa mengubah nasib kita, nasib dan masa depan kita tidak ditentukan oleh masa lalu kita.

Saya banyak membaca buku biografi orang-orang terkenal dan hampir 90% di antaranya adalah orang-orang yang berasal dari latar belakang yang buruk, minus dan tragis. Tetapi mereka berhasil membalikkan keadaan mereka dan menginspirasi banyak orang untuk bangkit dari keterpurukkan mereka.

Ketika Allah mendidik seseorang Ia tidak akan mengirimkannya ke sekolah kasih karunia ditengah-tengah orang yang sabar dan baik hati, tetapi Ia mengirimnya ke sekolah keterpaksaan. Pemimpin-pemimpin besar muncul ketika timbul krisis dan masalah-masalah berat yang memaksa mereka untuk bangkit melampaui orang rata-rata.

Bukan saja mereka menemukan jawabannya, namun mereka menemukan suatu power dalam diri mereka. Dalam bukunya John C. Maxwell mengatakan bahwa ketika seseorang dihadapkan pada situasi sulit, maka seseorang yang menonjol sikapnya akan memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, sementara ia mengalaminya.

Tidak ada masyarakat yang dapat mengembangkan orang-orang tangguh di masa damai. Kesusahan merupakan kemakmuran bagi orang-orang yang memiliki sikap tangguh dan sikap anda dapat mengubah masalah anda menjadi berkat.

Anda Berharga
Anda Dicintai
Anda Dibutuhkan
Anda Bukan Masa Lalu Anda


Selamat mengejar mimpi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar